[Tutorial] Membuat Sebuah Blog





Hallo temen-temen ChuaKidz blogger, berhubung banyaknya request dari twiitter dan facebook. Kali ini ane pengen sharing-sharing tentang gimana cara membuat sebuah blogger. (hahahaaa padahal baru aja bikin ini blog udah sok-sok ngajarin)

Cerita tentang membuat sebuah blog, kalian tau apa itu blog ? pasti kalian sudah familiar dengan kata 'blog' karena ane tau pembaca CKz (ChuaKidz Blogger) adalah orang-orang yang luar biasa.

Banyak sekali bro kata blog yang bisa bro-bro temui, contohnya ini nih:

     1. Ketika ane lagi eFBe an, ane lagi nyari-nyari profil FB    
         mantan ane sewaktu SMP yang
         putus gara-gara something yang bener-bener rahasia (ane 
         lupa tanggal kita jadian) dan ane di Blog.

     2. Ketika ane nonton pertandingan bola volly se-Fakultas, ane 
         juga denger orang-orang pada teriak, " SMASH !! SMASH !!! 
         OPER !! BLOG-BLOG !! "

     3. Ketika ane lagi ngendarai motor belalang tempur kesayangan 
         ane, ane jalan di sebelah
         kiri dengan mata fokus kedepan dan ane gak kebut-kebutan 
         karena keselamatan penting bro. Yang ane bingung nih bro, 
         jalanan serasa sepi gak ada yang motong
         motor ane. Setelah lama dinanti-nanti akhirnya ada orang 
         yang brani motong ane sambil teriak,
         "gooBLOOOGG LUU !!" suaranya agak samar-samar gitu
         soalnya dia naik motor kenceng banget, ane gak tau dia 
         kenapa ? yang ane tau dia pasti baca blog ane (tau aja kalo 
         ane blogger). Sesampe dikosan, ane jadi keribetan karena 
         harus perbaiki lampu sain kanan motor ane
         yang kedip-kedip gak berhenti (kelilipan kali ya bro).

Nah, Itu dia bro sebuah kata 'blog' yang sangat mendunia dan semua orang tau itu. Tanpa sadar blog adalah sebuah kata yang familiar di telinga.

Tapi-tapi bro kalo menurut Wikipedia, BLOG itu merupakan suatu singkatan web and log yaitu sebuah bentuk aplikasi web yang memuat tulisan-tulisan (posting) pada sebuah halaman web umum.

Itu menurut Wiki bro, ane sih pengen menerjemahkan apa itu Blog dan web-lognya tetapi berhubung temen ane yang pinter b.inggris lagi keluar entah kemana, jadi gak usah deh (siapa temen ane ? baca disini bro)

Okeh sekarang waktunya Membuat Sebuah Blog
"KPROKKKK...KPROOOKK....KPROOOKK...KPROOOKK.." ane tepuk tangan sendiri biar seru.


Syarat-syarat yang harus dimiliki untuk menjadi seorang blogger:

        1. Mempunyai koneksi Internet
        2. Sebuah PC or laptop berserta perangkat keyboard and 
            mouse-nya
        3. Wajah yang ganteng. (nanti ada pemeriksaan wajah)
        4. Satu sachet shampoo merek apa aja. (Ntar kalo puyeng, 
            kepala rada-rada gatal bro
            makanya dikeramasin)
        5. dan Keripik-keripik beseta makanan ringan yang lainnya.

Langkah-langkahnya pembuatan sebuah blogger

Setelah koneksi dan lain-lainnya sudah berjalan dengan benar, buka browser kepunyaan bro-bro seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Internet Explorer, etc.

1. Ketik: http//www.blogspot.com/ pada web address browser 
    kalian kemudian Enter Maka
    tampilan halaman akan menjadi seperti ini.



 2. Jika kalian liat sebelah kanan halaman maka terdapat sebuah 
     form yang bisa diisi  
     Username dan password account google kalian, lalu tekan  
     enter atau klik sign in,
     tetapi jika belum punya account google kalian juga bisa   
     membuatnya dengan mengklik sign up.



3. Setelah mengklik Sign up maka muncul halaman seperti ini. 
    Kalian isi persyaratan-persyatan yang dikehendaki oom google. 
    Jangan lupa contreng box "I agree to the Google Term of Service 
    and Privacy Policy". Lalu klik Next Step.


       

 4. Pada halaman ini kalian check, udah bener apa belum itu nomer 
     hapenya. Trus pilih Text
     Message (SMS) and Continue.



 5. Tik..tok...tik...tok tiba-tiba hape ente bunyi bro, ada SMS 
     masuk. Bukan dari pacar, juga bukan dari dosen pembimbing 
     tetapi dari oom Google. Om Google ngirimin kode special
     yang harus di input pada box veriffication code.

  


 6. Selamat kalian sudah membuat sebuah account Google. Klik 
     back to blogger.



7. Lalu Next-next aja, Next Step atau bisa juga kalian setting profil 
    kalian, lalu klik Lanjutkan ke blogger.

 

   

8. Selanjutnya masuk kehalaman ini, kamu tinggal klik New Blog.




 9. Isi data-data tentang blogger kamu. Dari nama blognya, link 
     situs blog kamu, dan tema
     atau template blog kamu. Lalu Klik Create Blog!

   


 10. Kalian makan kripik dan makanan ringan tadi, 
       lalu teriak, "OH YEAAAHHHH !!!"

 

Selamat kalian sudah membuat sebuah blog. Jangan lupa +1 nya ya, biar ane makin semangat ngethreadnya klik "g+" nya (Pojok kanan atas)

Jangan pernah bosen baca CKz blog ya. sampai jumpa pada thread ane berikutnya.
Bye.





1 komentar:

mantabs juga postingan tutorialnya...
wajib ikut kontes mentor of bertuiah nih...
hhehee....

15 Maret 2013 pukul 23.53 comment-delete

Posting Komentar